Tuesday, November 29, 2011

Sungai Citumang

Sungai Citumang merupakan obyek wisata kedua yang menarik dari Pangandaran setelah Green Canyon. Citumang terletak tidak begitu jauh dari Pantai Pangandaran, jika menggunakan mobil pribadi maka jarak tempuh kurang lebih memakan waktu sekitar 20 menit. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah sepanjang jalan kecil menuju Citumang itu rusak berat dan disarankan bagi anda untuk menggunakan mobil tinggi atau jika tidak anda bisa memarkir mobil di tikungan menuju Citumang dan melanjutkan perjalanan dengan menyewa ojek. Sesampai di parkiran motor atau mobil, kita harus berjalan sejauh 1km atau kurang lebih 15 menit untuk mencapainya dan ketika anda telah sampai di Sungai Citumang maka anda akan menemukan sebuah sungai dengan air yang jernih. Menurut pemandu kami, yang istimewa dari sungai ini adalah bahkan pada musim kemarau pun debit air tetap tinggi dikarenakan ia langsung dari mata air gunung.
Di ujung sungai citumang terdapat sebuah goa besar. Anda dapat berenang terus ke dalam goa, dan menurut cerita pemandu kami dahulu pernah ada orang bule berenang menyusuri goa dengan peralatan diving lengkap (termasuk tabung oksigen) karena semakin anda berenang ke dalam goa maka semakin sulit untuk bernapas. Saya sendiri lebih memilih untuk bermain di pinggiran goa saja, setelah itu berenang mengikuti arus sepajang sungai dan melompat berkali-kali dari puncak air terjunnya. Jika anda berenang di bawah air terjun citumang, cobalah untuk menuju goa kecil yang terletak dibelakang air terjun tersebut. Goa itu begitu kecil jadi ketika anda berenang
didalamnya berhati-hatilah agar kepala anda tidak membentur batu-batu staglanit disana. Untuk menuju kesana, jangan bergerak lurus menembus air terjun karena derasnya arus akan membuat anda berjuang setengah mati, untuk mempermudah berjalanlah dari pinggir dengan berpegangan kepada batu untuk membawa anda melawan arus. Citumang bagi saya adalah tempat kedua terbaik di Pangandaran setelah Green Canyon, jadi jika anda ke Pangandaran sempatkanlah diri untuk berenang di sungai ini.

No comments:

Post a Comment